LAINNYA

Kamis, 02 September 2010

edvard munch - scream



gambar diperoleh berkat bantuan om google. tapi saya lupa dari mana lokasi spesifiknya, he he he.

pertama kali liat gambar semacam ini di kasetnya the panasdalam, only ninja can stop me now. saya langsung tersentuh. entah kenapa. bertahun-tahun kemudian saya tahu dari om google kalau itu adalah gambar yang diambil dari sebuah lukisan bernama "scream", oleh edvard munch. saking sukanya, saya memasangnya jadi gambar desktop di netbook untuk beberapa lama. tak jarang orang yang melihat lukisan tersebut berkomentar, "suka banget sih sama gambar ini?" atau "ngapain sih kamu pasang yang kayak gini?" atau semacam itulah. konon lukisan ini adalah yang terkenal dari munch. tak heran kalau mereka bilang seperti pernah udah lihat gambar ini di mana gitu... setelah mengetahui identitas lukisan tersebut, saya juga jadi ngeh kalau salah satu episode di serial wizards of waverly place pernah meng"orang"kan si lukisan. kocaklah jadinya. karena si "orang" tidak bisa berhenti menjerit :D

saya nggak coba mencari apa maksud dari lukisan tersebut, yang saya anggap sungguh mewakili apa yang kerap saya rasakan. sering saya dihinggapi perasaan ingin menjerit dan berekspresi layaknya sang tokoh utama dalam lukisan. tapi nggak mungkin kan kalau di tempat umum tahu-tahu saya memegang kedua belah pipi saya sembari melonjongkan mulut dan menjerit.

sampai hari ini, saya menemukan situs ini. membaca postingan-postingan yang ada, saya jadi makin merasakan kedekatan emosional dengan lukisan ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar