LAINNYA

Kamis, 14 Oktober 2010

NASI KUNING YANG MISTERIUS KARENA NYONYA TELADAN HILANG INGATAN!

nyonya teladan buka album biru dan menemukan potret-potret indah. olala, tertera pemberitahuan bahwa mereka diambil pada 10 agustus 2010--sehari sebelum dimulainya Ramadhan 1431 H. dan nyonya teladan sudah lupa, apa saja yang dibuatnya kala itu hingga terjadilah serangkaian sajian penggugah selera. namun masih nyonya teladan miliki perkamen saktinya dalam perkara masak-memasak! karena nyonya teladan hidup di era teknologi dan informasi yang tengah berkembang pesat, tak luput dalam hal kuliner pun nyonya teladan melakukan INOVASI! inilah ini, nyonya teladan berkenan hati memberi kalian intip akan sedikit bagian dalam perkamen idaman setiap wanita...

ini untuk pencuci mulutnya, sayangku, anakku, nyonya teladan bikin duluan karena rasa cinta! (baca: tahu-tahu bahan utama menyambangi dalam keadaan masih segar-segarnya, nyonya teladan pun tak mau tunggu lebih lama!)


PUDING SALJU

BAHAN COKELAT:
20 gram cokelat bubuk
100 gram gula pasir
300 cc susu
1/2 bungkus agar-agar warna putih
1 kuning telur

BAHAN PUTIH:
150 cc susu
12 bungkus agar-agar putih
50 gram gula pasir
1 putih telur
5 cetakan mangkuk ukuran sedang

CARA MEMBUAT:
1. Buat adonan cokelat. Campur bubuk cokelat bersama gula pasir, susu, dan agar-agar. Masak sampai mendidih. Kecilkan api.
2. Tuang sedikit adonan cokelat ke kuning telur sambil terus diaduk. Tuang kuning telur ke adonan cokelat. Aduk sampai rata
3. Tuang adonan cokelat ke cetakan, sisihkan.
4. Buat adonan busa. Campur susu bersama agar-agar dan gula pasir. Masak sampai mendidih.
5. Tuang kocokan putih telur ke rebusan susu. Aduh perlahan sampai rata. Tuang adonan busa ke atas bagian cokelat. Bekukan.
6. Hidangkan puding salju bersama saus vanili.

INOVASI!
susu murninya ASLI, dibawa oleh mama nyonya teladan entah dari mana, yang jelas dan pasti adalah susu sapi--tidak mungkin susu ayam! ditambah jus sirsak buatan papa nyonya teladan. tidak dimasukkan dalam cetakan mangkuk, melainkan cetakan puding biasa. rasanya enak-enak mengejutkan (karena ada rasa sirsaknya) meski terkadang ditemukan pecahan biji sirsak.


SAUS VANILI

BAHAN:
500 cc susu (ambil 25 gram campur ke kuning telur)
3 kuning telur
1 sendok makan maizena
vanili secukupnya

CARA MEMBUAT:
1. Rebus susu bersama gula sampai mendidih. Tuang larutan maizena. Masak sampai mendidih sambil diaduk.
2. Kocok kuning telur bersama gula sampai kental. Tuang rebusan susu panas sedikit demi sedikit ke adonan telur sambil terus diaduk.
3. Masak kembali sampai mendidih dengan api kecil. Tuang vanili. Aduk sampai rata. Dinginkan. Siap dihidangkan.
75 gram gula pasir.

INOVASI!
penambahan gula membuat rasa saus jadi lebih mantap, meski terdapat gumpalan-gumpalan hasil pengadukan yang tak profesional.





nah... ini dia hidangan utamanya... satu-satu ya sayangku, anakku... (meski pun nyonya teladan memasak ketiganya dalam waktu bersamaan--betapa multitasking-nya nyonya teladan! tentu dengan bantuan nona asisten nan setia, sayangku, anakku...)


OMELET MISOA JAMUR

BAHAN:
4 butir telur
30 gram misoa, rendam
50 gram jamur kancing, belah empat
3 siung bawang putih, memarkan lalu cincang
1/4 sendok teh merica
garam secukupnya
1 sendok makan minyak

CARA MEMBUAT:
1. Campur telur, misoa, jamur, bawang putih, garam, dan merica
2. Panaskan wajan dadar. Tambahkan minyak. Tuangkan campuran telur dan ke dalamnya. Biarkan di atas api kecil hingga matang. Angkat lalu potong-potong.

INOVASI!
jamur kancing diganti jamur tiram. tidak didadar, tapi diorak-arik!





KANGKUNG RICA-RICA

BAHAN:
5 butir bawang merah
2 siung bawang putih
1 buah tomat ukuran kecil
1 ruas jahe
1 ruas kunyit
1 tangkai serai, dimemarkan
garam secukupnya
10 cabe rawit utuh
1 ikat kangkung, disiangi

CARA MEMBUAT:
1. Haluskan bawang merah, bawang putih, tomat, jahe, dan kunyit. Tumis berama serai sampai harum.
2. Masukkan kangkung dan cabe rawit. Aduk-aduk sampai bumbu meresap. Boleh ditambahkan 50 cc air.

INOVASI!
meski jumlah kangkungnya sudah ditambah (jadi dua atau tiga ikat), dengan takaran bumbu sesuai resep, rasanya tetep ASEM-ASIN-ASEM gimana gitu...! (rica-rica itu maksudnya apa sih? nyonya teladan tak mengetahuinya loh!)





-resep nasi bumbu/nasi kuning tak ditemukan-

tapi meski demikian nyonya teladan tak lantas frustasi.

INOVASI!
nyonya teladan tidak menyangka hasilnya bakal jadi warna kuning, padahal nyonya teladan sudah mengikuti petunjuk dengan sebenar-benarnya kebenaran. padahal bukan "NASI KUNING TAK BERASA" judul yang tertera pada perkamen nyonya teladan. aneh bukan? namun rupanya hukum alam berkata lain. tak ada yang nyonya teladan bisa lakukan selain menghargai kodrat alamiah kaum perempuan, yaitu: menyantap hasil masakannya sendiri!





nah, sudah ya, mari kita tutup itu album biru, sebelum kamu mulai menyanyikan lagu Bunda untuk nyonya teladan, hu hu hu... jadi, sayangku, anakku, janganlah engkau ragu dalam ber-INOVASI! di bidang kuliner, karena... RESEP BELUM TENTU MEMBERIMU INFORMASI YANG BENAR!




selamat makan...! ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar