Kamis, 01 Januari 2009

PRAKATA (Rombongan Cerpen 2008)

Alhamdulillahirabbilalamin, Puji Syukur kepada Allah SWT Yang telah menciptakan manusia beserta segala daya dan upaya agar dapat meraih apa yang diinginkannya, sehingga Rombongan Cerpen 2008 ini dapat diselesaikan guna membuktikan kepatuhan saya akan program kerja yang telah saya buat sendiri penghujung tahun 2007-awal tahun 2008 dalam rangka pemberdayaan diri dalam hal kepengarangan.

Rombongan Cerpen 2008 ini dijuduli demikian, seolah tidak ada judul lainnya, karena memang judul itulah yang pertama-tama terpikirkan oleh saya dalam menamai folder yang menaungi ke-13 softcopy cerpen yang saya buat selama tahun 2008 ini. Saya malas untuk mengarang-judul lainnya. Ya sudahlah, semoga judul ini tidaklah jelek-jelek amat dan sudah cukup representatif. Sangat malah, saya kira.

Adapun program kerja yang saya buat adalah ‘1 puisi (atau semacam itu) 1 minggu, 1 cerpen 1 bulan, 1 novel 1 tahun’. Apa lacur, yang dapat terbikin hanyalah 1 cerpen 1 bulan. Penjelasan mengenai kumpulan puisi tak terbikin sepertinya tidak perlu karena ribet. Mengenai 1 novel 1 tahun... Ada sih, tapi novel kolaborasi dengan teman dan sampai penghujung tahun ini, novel tersebut belum bisa benar-benar siap (mungkin akhir Januari atau Februari 2009 baru layak ‘edar’) karena kawan berkolaborasi saya itu konon sedang mempersiapkan UAS. Saya juga seharusnya. Tapi itu bisa nanti dulu deh. Yang penting komitmen sama diri sendiri dulu.

Dalam Rombongan Cerpen 2008 ini terdapat 13 cerpen. Kiranya hanya segitu yang saya hasilkan selama tahun 2008 ini. Ke-12 cerpen di antaranya saya bikin untuk memenuhi tuntutan ‘1 cerpen 1 bulan’, meski ada juga yang seharusnya saya bikin cerpen di bulan itu, tapi malah saya buat di bulan berikutnya. Hal itu dikarenakan pada bulan yang seharusnya saya bikin itu cerpen, saya mengalami malam-malam yang sibuk dengan mengerjakan laporan praktikum dan sebagainya sehingga tidak sempat bikin cerpen, terlepas apakah memang saya sudah punya ide apa belum. Tuh kan, terbukti kalau akademis itu rese abis. Bagaimanapun juga, akhirnya saya dapat memenuhi jumlah yang diharuskan. Ada 12 bulan dalam 1 tahun berarti harus ada 12 cerpen. Alhamdulillah, ke-12 itu dapat tercipta, meski ada beberapa (atau semua?) yang kurang, belum, atau tidak matang. Bahkan ada beberapa cerpen yang sebetulnya itu bukan cerpen murni yang saya buat karena ada orang yang minta. Tentu saja ada syarat-syarat yang diajukan si peminta. Saya menurutinya. Karena saya mengalami bulan-bulan di mana saya tidak sempat memikirkan tugas kepengarangan saya, akhirnya hasil permintaan itu saya jadikanlah cerpen bulan itu. Daripada saya harus pusing-pusing memikirkan ide baru? Hehe. Namun dalam Rombongan Cerpen 2008 ini rupanya ada 13 cerpen. Jadi ceritanya dalam 1 bulan itu saya membuat 2 buah cerpen. Yang satu karena keinginan saya sendiri sedangkan yang satu lagi karena keinginan orang lain. Jadi saya masukkan saja 1 cerpen yang kelebihan itu sebagai cerpen ++. Baik ya?

Satu lagi bentuk kebaikan saya, setiap selesai satu cerpen, saya akan menyelipkan cerita dan maksud di balik pembuatan cerpen tersebut. Saya melakukan ini semata-mata hanya karena ingin. Dan baiknya lagi, saya mengusahakan agar cerita dan maksud itu tidaklah usah panjang-panjang, cukup 1 halaman saja, dan halaman itu saya beri nama Habis Kata. Kalau kepanjangan nanti jadinya malah cerpen yang baru. Lagipula Prakata ini pun sudah cukup panjang. Halaman Habis Kata untuk keseluruhan cerpen diketik pada rentang tanggal 31 Desember 2008-01 Januari 2009 dan langsung di-print. Selain itu juga pada halaman ini tidak diberikan nomor halaman, juga karena saya kepingin. Jadi tidak selalu nomor ganjil itu ada di kananmu dan yang genap di kirimu.

Sebelum menutup Prakata ini, saya ingin mengucapkan terima kasih pada pihak-pihak yang telah berperan dalam mewujudkan isi Rombongan Cerpen 2008 ini, meskipun mungkin ada yang akan saya sebutkan lagi di halaman Habis Kata, di antaranya adalah

kepada Allah SWT. yang telah membuat semuanya menjadi ada. Saya masih berusaha untuk tidak menyesali semua ke’ada’an itu,

kepada diri saya sendiri, yang selalu dalam usaha pemberdayaan diri lagi memberi inspirasi,

kepada keluarga, yang memberi inspirasi,

kepada lingkungan sekitar, yang memberi inspirasi,

kepada Mbak Desi dan Mbak Amy, yang memberi rongrongan agar tulisan yang diminta bisa segera selesai,

kepada semua-semuanya yang secara sadar atau tidak sadar telah saya lewatkan, yang tidak bisa saya sebut satu per satu bukan karena saking banyaknya, melainkan lebih karena saya memang malas mengingat dan menyebutkan mereka.

Yah demikianlah kata-kata yang dapat saya sampaikan untuk mengantar pembaca memasuki dunia dalam kepala saya yang supaya memudahkan pembaca untuk masuk maka saya taruh dunia itu dalam cerpen. Sehingga saya menjadi heran mengapa saya mengizinkan orang lain memasuki dunia dalam kepala saya dan mengapa mereka sendiri mau masuk ke dalamnya.

Akhir kata, saya mengharapkan kritik dan saran yang dapat memberdayakan kepengarangan saya dari pembaca. Kalau tidak memberdayakan melainkan hanya untuk menjatuhkan suasana hati saya, sebaiknya jangan diutarakan, simpan saja dalam hati, atau saya tidak akan menyukaimu sampai waktu yang tidak ditentukan. Pula saya haturkan mohon maaf kalau garapan saya ini kurang, belum, atau tidak matang. Terutama soal EYD dan tata bahasa. Beberapa bagian ada yang saya perbaiki sesuai seingatan saya akan materi terkait yang pernah saya terima di bangku sekolah, tetapi sisanya saya biarkan saja kacau seperti itu karena saya sendiri bingung mengeditnya. Terlalu banyak yang harus diedit, saya kira. Maafkan juga kalau ada salah cetak. Selain itu, beberapa cerpen memang tercipta secara buru-buru karena deadline dan itu juga tidak terlepas dari kemalasan saya dalam mengedit, pun mengutak-atik konsep cerpen tersebut hingga tercipta cerpen yang lebih layak baca. Saya biarkan saja apa adanya hingga muncul niatan untuk mengonversi konsep cerpen tersebut ke dalam bentuk yang lebih baik. 

Sebelumnya, saya mengucapkan terima kasih, kritik dan saran dapat dikirimkan ke e-mail berikut ini

japatidaun_cereme@yahoo.com

atau

rimbarambutgimbalgagalnangatal@yahoo.com

            Selamat menikmati dan mengoreksi dan memberdayakan saya. Semoga terhibur dan terberdayakan juga. Amin. Wassalam.

 

diselesaikan

di

r---------- -- bandung,

pada

01 Januari 2009,

oleh

 

 

d-----

 

DAFTAR ISI

  

Prakata

Daftar Isi

Cerpen Januari: Demo Guru

Cerpen Februari: Anjing

Cerpen Maret: Si Orang Baru

Cerpen April: Anak SMA Punya Cerita

Cerpen Mei: Di Balik Pementasan Pertama Teater FLP Jogja (dari Perspektif D--- S--------

 A---------)

Cerpen Juni: -tidak berjudul-

Cerpen Juli: ATO

Cerpen Agustus: Ketika Rumpus dalam Moi

Cerpen September: Senyum Kakak Imut

Cerpen Oktober: Balada Curhat Lebaran

Cerpen November: Makan Langit-langitmu

Cerpen Desember: T O I L E T

Cerpen ++: Moeny

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Banyak Dibuka

Pembaruan Blog Lain