Selasa, 31 Mei 2011

Jadi pingin jadi pustakawan lagi...

Potensi. Ini adalah salah satu kata yang paling saya suka. Terutama kalau tidak diembeli dengan "jasa lingkungan", "keanekaragaman hayati", "ekosistem", dan semacamnya hahahaha... Potensi yang saya maksud di sini adalah terkait potensi diri. Saking sukanya saya pada kata ini, saya sampai bikin tiga novel untuk mengeksplorasinya ;)

Pada pagi menjelang siang hari ini saya mengatakan pada teman-teman yang ada di dalam perpustakaan kantor balai, "Kayaknya habis lulus kuliah entar saya mau kerja jadi pustakawan aja deh!" Siapa ya itu yang bilang cocok?

salah satu sisi perpustakaan kantor balai TNUK
Saya lagi enggak ingin menceritakan bagaimana pergaulan intens saya dengan buku, keterlibatan saya dalam aktivitas keperpustakaan sejak SD hingga kini, dan berbagai perpustakaan yang telah saya akrabi hingga teman-teman suka tanya atau minta bantuan saya untuk mencarikan buku. Saya hanya ingin mengungkapkan rasa senang karena bisa memberi manfaat sesuai dengan potensi yang saya miliki. (Dan potensi di sini bukan potensi biasa, saya kira. Tidak semua orang memilikinya. Sesuatu yang bikin saya terkesan punya keunggulan dibanding orang lain.)

Lina ngumpet terus di balik laptop
Meski hari ini hanya Lina yang mengatakannya. Dia kiranya merasa terbantu karena kecepatan saya dalam mendapatkan dokumen-dokumen yang kami butuhkan. Sebenarnya ini juga karena saya lihat daftar pustaka laporan magang para kakak angkatan di Taman Nasional Ujung Kulon tahun lalu plus bantuan dari Cah. Saya hanya menyerahkannya dengan segera ke dekat Lina. Kemarin juga saya yang berinisiatif minta katalog ke petugas untuk memudahkan saya dan teman-teman menelusuri judul-judul yang diinginkan.

Meski demikian, saya memang telah sadar bahwa potensi saya dalam hal kepustakawanan memang ada. Setidaknya saya ada minat besar ke sana.

Hari ini saya ingin bekerja di perpustakaan dan terus mengarang. Bekerja di perpustakaan, apalagi kalau koleksinya selengkap Perpustakaan Nasional, pasti bakal sangat membantu kepengarangan saya. Mari bermimpi... :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...