LAINNYA

Senin, 10 Oktober 2011

Temu Perdana Sukarelawan Biennale Jogja XI

Technical meeting Biennale Jogja XI diadakan di Ruang Seminar Taman Budaya Yogyakarta (TBY) pada Sabtu, 8 Oktober 2011. Acara ini diadakan untuk memberi gambaran teknis bagi para sukarelawan yang akan berpartisipasi dalam perhelatan Biennale Jogja XI, 26 November 2011 – 8 Januari 2012 mendatang.

Biennale Jogja merupakan ajang pameran seni rupa dua tahunan di Yogyakarta. Pada tahun ini, Biennale Jogja mempertemukan karya seniman Indonesia dan seniman India dalam tema “Religiositas, Spiritualitas, dan Keberagaman” dengan lokasi utama di Jogja National Museum dan Taman Budaya Yogyakarta.

Perekrutan sukarelawan, yang dibuka sejak Mei hingga pertengahan Agustus 2011, menjaring 98 sukarelawan yang umumnya pelajar dan mahasiswa dari 300-an pendaftar. Pengumuman dan undangan disampaikan melalui laman, sms, dan surel.

Technical meeting yang dihadiri 60-an peserta ini berlangsung sekitar pukul 16.30 – 18.30 WIB. Gambaran teknis yang diberikan meliputi gambaran kerja masing-masing divisi dan beberapa acara yang memerlukan keterlibatan massal.

Para sukarelawan dikelompokkan menjadi beberapa divisi berdasar persyaratan yang mereka kumpulkan untuk panitia seperti formulir, foto, dan CV. Beberapa divisi tersebut antara lain marketing/PR, Festival Equator, pameran, dan sekretariat.

Para sukarelawan yang menjadi asisten seniman India akan membantu dan menemani seniman India selama pembuatan karyanya seperti memasang mata dewa atau meronce cabai. Pemandu pameran di Jogja National Museum tidak hanya bertugas menjaga pintu tetapi juga memberi informasi bagi pengunjung. Mereka yang ditempatkan di marketing/PR akan menjadi wartawan amatir yang kegiatannya antara lain membuat publisitas mengenai setiap acara Biennale Jogja XI.

Beberapa acara yang dimaksud antara lain Family Day dan Bollywood Km 0 yang masing-masing akan diadakan tanggal 11 dan 25 Desember 2011. Dalam Family Day, beberapa lomba seperti lomba membuat ornamen dan lomba merancang kostum akan diselenggarakan di amfiteater TBY. Bollywood Km 0 akan melibatkan 500 orang untuk menari Bollywood secara massal di titik 0 km mulai pukul 6.00 WIB.

Para sukarelawan diminta untuk aktif mengecek laman Biennale Jogja dan e-mail. Setiap pemberitahuan akan disampaikan melalui media tersebut. Pemberitahuan lewat sms akan dilakukan bila mendesak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar