LAINNYA

Jumat, 08 Maret 2013

Bedanya Pria dengan Wanita


Chewing Blackbones

Old Man and Old Woman adalah legenda Indian yang diceritakan kembali oleh Chewing Blackbones, seorang Indian Blackfoot. Legenda ini mengisahkan tentang bagaimana sepasang Pria (Old Man) dan Wanita (Old Woman) pada masa yang sangat lampau menentukan cara manusia hidup di bumi. Barangkali dalam kepercayaan Indian mereka adalah dewa, sesuatu yang memiliki sifat baik Tuhan maupun manusia. Mereka memiliki sifat Tuhan karena mereka dapat menentukan apa yang akan terjadi. Mereka juga seperti manusia, karena mereka disebut sebagai “person”, “man”, dan “woman”, serta beranak.

Pasangan dewa tersebut juga memiliki karakter yang berbeda, ditunjukkan dengan bagaimana Wanita tidak begitu saja menyepakati apa yang dikatakan Pria. Dialog sangat berperan dalam karakterisasi. Pria terkesan ingin didahulukan (“I am to have the first say in everything.”), efisien (“…all this they will do very quickly, for it will not be hard work.”), simpel (“…the people shall have ten fingers on each hand.”), tapi kemudian menurut (“Well… let it be that way.”), sementara Wanita walau pada mulanya menurut (“I agree with you…”, tapi ternyata ribet (“…it must be very hard work, so that the good workers may be found out.”), teliti (“There will be four fingers and one thumb on each hand.”), sekaligus berperasaan (“It is better for the people to die forever. If they did not, they would not feel sorry for each other, and there would be no sympathy in the world.”). Sungguhpun demikian perasaan jualah yang menjadikan Wanita plinplan. Ia ingin mengubah ketentuan bahwa manusia harus mati selamanya, ketika yang mengalami adalah anaknya sendiri. Pada akhirnya Pria menunjukkan ketegasannya, yaitu untuk tidak mengubah apa yang telah ditentukan sebelumnya.

Dengan demikian Old Man and Old Woman menunjukkan bagaimana pria dan wanita dianugerahi dengan karakter masing-masing, dan bagaimana berkompromi dengan perbedaan tersebut. Sayang sekali saya belum menemukan cerita ini di internet, review mengenainya pun hanya sedikit. 


dari The Harper Anthology of Fiction oleh Sylvan Barnet, 1991, HarperCollins Publishers Inc.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar