LAINNYA

Jumat, 15 Maret 2013

Cinta yang Melampaui Ruang dan Waktu


http://www.sffaudio.com/images08/librivoxahauntedhouse500.jpg
A Haunted House. Sepertinya cerita tentang hantu. Salah satu pengertian “haunt” dalam Oxford Learner’s Pocket Dictionary adalah “(of ghost) appear in a place”. Cerpen bertahun 1921 karya Virginia Woolf ini memang mengisahkan tentang hantu, sekaligus menyajikan ironi. Hantu tidak mesti melulu seram, tapi juga bisa menunjukkan cinta.

Cerpen ini dibawakan dengan menggunakan sudut pandang orang pertama serba tahu. Ia tinggal di sebuah rumah yang berhantu—sepasang hantu. Mereka perempuan dan lelaki. Mereka berkeliaran ke seluruh penjuru rumah sembari bergandeng tangan, dari ruang ke ruang, menutup pintu, menarik gorden. Kita bahkan bisa mengetahui percakapan mereka. Walau mereka sebenarnya tidak ingin membangunkan penghuni rumah. Mereka sedang mencari harta karun, yang ternyata mereka simpan di mana-mana di berbagai bagian rumah. Harta karun mereka aman, aman, dan aman.

Cerpen ini beserta beberapa cerpen Virginia Woolf lain bisa dibaca di sini. Menurut beberapa review yang saya baca, dari cerpen ini kita bisa mempelajari penggunaan teknik arus kesadaran (stream of consciousness) dengan gaya bahasa yang puitis. Adapun amanat yang bisa saya tangkap adalah bahwa keberadaan cinta tidak dibatasi oleh waktu, wujud, bahkan alam. Sesuatu yang belum saya pahami sebetulnya. 


dari The Harper Anthology of Fiction oleh Sylvan Barnet, 1991, HarperCollins Publishers Inc.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar