Sabtu, 20 Oktober 2012

Tentang (calon) novel NaNoWriMo 2012


Sebentar lagi NaNoWriMo 2012 tiba! Yeay! Waw! Hore! Waktunya untuk menulis novel lagi, kali ini sepanjang bulan November! Insya Allah.
sumber gambar:
http://www.wired.com/geekmom/2012/10/nanowrimo-2012/
            
Saya sudah mengikuti tiga kali ajang semacam (NaNoWriMo 2011, CampNaNoWriMo Juni 2012, CampNaNoWriMo Agustus 2012), dan alhamdulillah selalu berhasil menjadi pemenang. Jangan tanya kualitas, ajang ini hanya mengedepankan kuantitas. Dan tentu saja saya ingin menjajal kembali kemampuan saya di ajang berikutnya! :D
            
Saya sudah menentukan proyek yang hendak saya garap untuk NaNoWriMo 2012. Seperti pada novel-novel sebelumnya, saya berangkat dari “seorang” karakter. Tapi tidak seperti pada novel-novel sebelumnya, saya kurang bisa berempati terhadap karakter ini. Karakter ini dalam realita saya adalah karakter yang hanya bisa saya lihat dari jauh, yang sering bikin saya bertanya-tanya, berandai-andai, bagaimana rasanya menjadi orang seperti dia? Sebetulnya hal yang sama berlaku pula pada karakter-karakter sebelumnya, tapi saya rasa ada yang membuat karakter kali ini berbeda dengan mereka.
            
Dalam pandangan saya karakter kali ini bukan karakter yang, bahasa Sundanya mah, humble lagi low profile. Dengan karakter-karakter sebelumnya saya merasa nyaman, saya bisa bersimpati dengan sisi terburuk mereka. Tidak dengan karakter kali ini, barangkali karena harga diri adalah hal terpenting baginya. Sama perempuan padahal, tapi ia di kutub yang berseberangan.
            
Yeah. Ini bakal menjadi sebuah tantangan. Bagaimanapun tidak cocoknya karakter kali ini dengan karakter saya pribadi, pengalaman menggarapnya menjadi sebuah novel insya Allah bakal memperluas cakrawala saya.
            
Tidak sabar menanti November. Brr!<>


sekadar ngerjain latihan dari sini 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...