Selasa, 30 Mei 2023

Belalang Sahabat Ilalang--Reeds' Friend Grasshopper

Gambar di-screenshot dari Ipusnas.
Penulis : Bambang Joko Susilo
Cetakan I : Maret 2010
ISBN : 978-979-063-153-3
Penerbit : Bestari Kids, Jakarta

Menemukan buku ini ketika lagi mencari tentang pestisida di Ipusnas. Buku ini merupakan bacaan untuk anak-anak yang ditulis dalam dua bahasa (Indonesia dan Inggris), dilengkapi dengan ilustrasi berwarna-warni, dan tebalnya hanya 25 halaman sehingga dapat ditamatkan dalam sekejap. 

Yang membuat saya tertarik pada buku ini adalah amanatnya yang dari membaca sinopsisnya saja sebetulnya sudah langsung tertangkap. Amanat ini mengajarkan realita mengenai kodrat kehidupan di dunia. Tuhan memang tidak menciptakan kesia-siaan, tapi sudah kodratnya pula bahwa sesama makhluk mesti saling memangsa, saling menyerang, saling mengancam kehidupan satu sama lain meskipun di sisi lain di antara mereka juga ada yang saling melindungi, saling bermanfaat. 

Sebetulnya saya tidak ada catatan khusus untuk buku ini, hanya ingin merekamnya di sini karena amanatnya saya sukai. Seperti mengajarkan untuk tegar saja dengan kenyataan hidup, terima saja karena demikianlah siklus alam. Kamu hanya bagian kecil dari padanya, berbuat sekadar menuruti kodratmu. Kalau patah, tumbuhkanlah lagi. Kalau hilang, nanti ada yang menggantikan. Sepintas tampak tak berarti, tapi kemestian eksistensi tak dapat diingkari. Kita semua ada gunanya dalam kehidupan ini, dengan berbagai cara walau tak semua punya keluasan pandang untuk dapat memahaminya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Banyak Dibuka

Pembaruan Blog Lain